MULTIMEDIA
Ø
Definisi Multimedia
ü
Multi [latin] = banyak; bermacam-macam
ü
Medium [latin] =Perantara / sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan
atau membawa sesuatu;
ü
Multimedia adalah penggunaan
komputer untuk menampilkan dan mengkombinasikan text, graphics, audio, video
dan animasi dengan menggunakan links dan tools yang memungkinkan pemakai untuk
melakukan navigasi, berinteraksi, membuat, dan berkomunikasi
Ø
Beberapa definisi multimedia :
ü
Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)
ü
Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick, 1996)
ü
Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini
dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar
(Turban dan kawan-kawan, 2002)
ü
Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang
mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)
ü
Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah:
pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video,
dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan
berkomunikasi.
ü
Multimedia is the use of several different media to convey information
(text, audio, graphics, animation, video, and interactivity). Multimedia also
refers to computer data storage devices, especially those used to store
multimediantent (wikipedia.org).
DEFINISI KOMPUTER MULTIMEDIA (MPC)
Menurut wikipedia.org:
ü
Komputer Multimedia adalah sebuah komputer yang dikonfigurasi sesuai
dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM. Standarisasi komputer multimedia
dilakukan oleh “Multimedia PC Marketing Council”, sebuah kelompok kerja dari
perusahaan yang dahulu bernama Software Publishers Association (sekarang
bernama Software and Information Industry Association). Perusahaan ini
merupakan gabungan dari Microsoft, Creative Labs, Dell, Gateway, dan Fujitsu.
Standar Komputer Multimedia menurut Software
and Information Industry Association:
Ø
Pada tahun 1990 (Level 1):
- 16 MHz 386SX CPU
- 2 MB RAM
- 30 MB hard disk
- 256-color, 640 x 480
VGA video card
- 1x CD-ROM drive using
no more than 40% of CPU to read, with < 1 second seek time
- Sound card outputting
22 kHz, 8-bit sound; and inputting 11 kHz, 8-bit sound
- Windows 3.0 with
Multimedia Extensions.
Ø
Pada tahun 1993 (Level 2):
- 25 MHz 486SX CPU
- 4 MB RAM
- 160 MB hard disk
- 16-bit color, 640×480 VGA video card
- 2X CD-ROM drive using no more than 40% of
CPU to read at 1x, with < 400ms seek time
- Sound card outputting 44 kHz, 16-bit sound
- Windows 3.0 with Multimedia Extensions, or
Windows 3.1
Ø
Pada tahun 1996 (Level 3):
- 75 MHz Pentium CPU
- 8 MB RAM
- 540 MB hard disk
- Video system that can show 352×240 at 30 frames
per second, 15- bit color
- MPEG-1 hardware or software video playback
- 4x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to
read, with < 250ms seek time
- Sound card outputting 44 kHz, 16-bit sound
- Windows 3.11
KOMPONEN MULTIMEDIA
Ø
Cara mengkomunikasi informasi :
-
Modalities (cara) : penglihatan, pendengaran, sentuhan
-
Saluran komunikasi : percakapan, sound effects, music
-
Medium : animasi + suara, gambar + teks
Ø
4 komponen utama multimedia :
1. Komputer, untuk
melakukan koordinasi tentang apa yang dilihat dan didengar oleh pemakai
2. Links, yang
menghubungkan dengan informasi
3. Navigational tools,
yang memungkinkan pemakai untuk menjelajahi informasi yang ditampilkan
4. Cara, untuk berbagi,
memproses, dan mengkomunikasikan informasi dan ide pemakai
• Bila salahsatu komponen tidak ada disebut mixed media bukan multimedia
Ø
Mengapa multimedia penting ?
1.
Merupakan pemicu (triggers) yaitu pembaca memperoleh sesuatu yang
‘lebih’ dibandingkan topik yang dipelajari
2.
Sangat efektif dalam penyampaian informasi; menurut Computer Technology
Research (CTR) :
-
Orang mampu mengingat 20% dari yang dilihat
-
Orang mampu mengingat 30% yang didengar
-
Orang mengingat 50% dari apa yang didengar, dilihat dan dilakukan
Ø
Pemanfaatan multimedia :
1. Pendidikan , misal tutorial, ensiklopedia (misal
: microsoft encarta), instruksional)
2. Informasi , misal pariwisata, museum, galeri
seni
3. Hiburan, misal games, seni, pertunjukan
4. Kedokteran, misal x-ray scanner
5. Periklanan, misal iklan televisi, bandara,
kiosk, dll
Ø
Multimedia mampu :
1. Mengubah mengubah
tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya
tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung
teleworking/telecommuting: Netmeeting!
2. Mengubah cara belanja.
Homeshopping/teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian
barang datang dengan sendirinya.
3. Mengubah cara bisnis.
Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual
beli online, bank menggunakan cara online-banking.
4. Mengubah cara
memperoleh informasi. Orang-orang mulai menggunakan internet dan berbagai
software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, detik.com,
menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak
lagi.
5. Mengubah cara belajar.
Sekolah mulai menggunakan komputer multimedia, belajar online, menggunakan
e-book.
6. Internet Multimedia
juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.
Ø
Keunggulan multimedia :
1. Menarik perhatian, karena manusia memiliki
keterbatasan daya ingat
2. Media alternatif dalam
penyampaian pesan, diperkuat dengan teks, suara, gambar, video, dan animasi
3. Meningkatkan kualitas
penyampaian informasi
4. Interaktif
Ø
Kelemahan multimedia :
1. Design yang buruk
menyebabkan kebingungan dan kebosanan, sehingga pesan tidak tersampaikan dengan
baik
2. Kendala bagi orang
dengan kemampuan terbatas / cacat / disable
3. Tuntutan terhadap
spesifikasi komputer yang memadai
Ø
Media (berdasar ISO93a) diklasifikasikan menjadi beberapa kriteria:
1. Perception Medium
-
Perception media membantu manusia untuk merasakan lingkungannya
-
“Bagaimana manusia menerima informasi pada lingkungan komputer?” dengan
persepsi informasi melalui penglihatan atau pendengaran
-
Perbedaan persepsi informasi
melalui “melihat” dan “mendengar”
-
Aspek pada perception medium :
a. Aspek Representative Space: sesuatu yang
terkandung dalam presentasi secara nyata
•
Kertas, layar
•
Slide show, power point
b. Aspek
Representative Values: nilai-nilai yang terkandung dalam presentasi
•
Self contained (interpretasi tiap orang berbeda), misal: suhu, rasa,
bau
•
Predefined symbol set (sudah disepakati sebelumnya), misal: teks,
ucapan, gerak tubuh
c. Aspek
Representation Dimension
-
Ruang (space)
-
Waktu (time) :
•
time independent, discreet (text, grafis)
•
time dependent , continuous
media (video, audio, sinyak dari sensor yang berbeda)
2. Representation Medium
-
Representation media ditentukan oleh representasi informasi oleh
komputer
-
“Bagaimana informasi pada komputer dikodekan?” Dengan menggunakan
berbagai format untuk merepresentasikan informasi. Contoh :
•
Text : ASCII dan EBCDIC
•
Grafis : CEPT atau CAPTAIN videotext
•
Audio stream : PCM (Pulse Coding Method) dengan kuantisasi linier 16
bit
•
Image : Facsimile (standard ISO) atau JPEG
•
Audio/video : TV standard (PAL, SECAM, NTSC), computer standard (MPEG)
3. Presentation Medium
-
Tool dan device yang digunakan untuk proses input dan output Informasi
-
“Melalui media apa informasi disajikan oleh komputer, atau dimasukkan
ke komputer?”
•
Output : kertas, layar, speaker
•
Input : keyboard, mouse, kamera,
microphone
4. Storage Medium
-
Pembawa data yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan informasi (tidak
terbatas pada komponen komputer)
-
“Dimanakah informasi akan disimpan?” Di microfilm, floppy disk, hard
disk, CD ROM, DVD, MMC, SDCard
5. Transmission Medium
-
Pembawa informasi yang memungkinkan terjadinya transmisi data secara
kontinyu (tidak termasuk media penyimpanan)
-
“Melalui apa informasi akan ditransmisikan?” Dengan melalui jaringan,
menggunakan kabel (coaxial, fiber optics), melalui udara terbuka (wireless)
6. Information Exchange Medium
-
Pembawa informasi untuk transmisi, contoh : media penyimpanan dan media
transmisi
-
“Bagaimana informasi dari tempat yang berbeda saling
dipertukarkan?” direct transmission
dengan jaringan komputer, combined (storage dan transmission media), web yang
berisi informasi, e-book, forum
SISTEM MULTIMEDIA
Ø
Bagaimana sistem bisa disebut sebagai sistem multimedia?
1. Kombinasi Media
Sistem disebut sistem multimedia jika kedua jenis
media (continuous/discrete) dipakai. Contoh media diskrit : teks dan gambar,
dan media kontinu adalah audio dan video.
2. Independence
Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah
keterkaitan antar media tersebut. Sistem disebut sistem multimedia jika tingkat
ketergantungan/keterkaitan antar media tersebut rendah.
3. Computer-supported Integration
Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang
dikontrol oleh komputer. Sistem dapat diprogram oleh system programmer/ user.
Ø
Sistem Multimedia dapat dibagi menjadi:
1. Sistem Multimedia Stand Alone
Sistem ini berarti merupakan sistem komputer
multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk,
CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan
output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Soundcard.
2. Sistem Multimedia Berbasis Jaringan
Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang
mempunyai bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing sistem dan
pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh: video converence dan video
broadcast
Permasalahan: bila bandwidth kecil, maka akan
terjadi kemacetan jaringan, delay dan masalah infrastruktur yang belum siap.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar