Sabtu, 29 Maret 2014

MANFAAT PERPUSTAKAAN BAGI SISWA
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.
Yang saya hormati ibu guru penguji serta teman teman yang saya cintai.
Pertama tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat ALLAH SWT karena atas segala rahmatnya kita bisa berkumpul bersama di tempat ini.
             Ibu guru penguji yang saya hormati ijinkan saya untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dalam pidato saya yang berjudul MANFAAT PERPUSTAKAAN BAGI SISWA.
            Buku adalah jendela dunia dengan membaca kita bisa menjelajah dunia. Membaca memiliki banyak sekali manfaat. Ada 10 keuntungan dari membaca : 1) kita terhindar dari kebodohan , 2) kita bisa meningkatkan konsentrasi , 3) kita bisa tau hal-hal yang belum kita ketahui sama sekali , 4) kita dapat mengembangkan kefasihan dalam membaca , 5) kita dapat mengungkapkan sesuatu dengan lisan secara mudah , 6) kita dapat mengembangkan materi yang ingin kita ungkapkan , 7) kita dapat mengambil manfaat dari pengalaman orang lain , 8) kita bisa membangun negara , 9) kita dapat mengetahui kronologi suatu peristiwa , 10) kita bisa menghilangkan stress.  Dari keuntungan tersebut disimpulkan bahwa membaca itu penting karena dengan membaca kita dapat memperoleh informasi atau ilmu pengetahuan yang tidak hanya bermanfaat bagi diri kita namun bagi orang lain pula.
            Setelah mengetahui pentingnya membaca, alangkah baik apabila kita meningkatkan minat baca . namun ketertarikan dalam membaca tidak dapat timbul secara tiba-tiba. Tetapi membutuhkan waktu dan latihan secara terus menerus. Karena itulah di area sekolah di beri fasilitas seperti Perpustakaan yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa di sekolah. Di samping itu perpustakaan juga dapat digunakan untuk menghilangkan rasa bosan setelah siswa mengikuti pelajaran. Perpustakaan juga di lengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang sudah di sediakan sekolah untuk para siswa. Perpustakaan dibuat dengan sedemikian baiknya agar para siswa yang berada di sekolah merasa tertarik untuk mengunjungi perpustakaan.
Para hadirin yang saya hormati oleh karena itu, marilah kita jadikan membaca sebagai rutinitas dan menyebabkan membaca menjadi sebuah kebiasaan atau bahkan kebutuhan. Maka kita akan merasakan manfaat-manfaat yang besar, yang timbul karena kegiatan membaca tersebut.    
Hadirin yang berbahagia. Demikianlah pidato saya, semoga bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada kata kata saya yang kurang berkenan di hati saya mohon maaf .

Waassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar